Manfaat Mengurangi Asupan Gula Untuk Kesehatan

Di era yang serba instan dan moderen sekarang ini membuat banyak orang melupakan kesehatan dirinya sendiri di tengah gaya hidup yang semakin tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah terlalu banyak mengkonsumsi gula. Gula sebenarnya bisa menguatkan cita rasa dalam minuman atau makanan, dan juga berkhasiat untuk meningkatkan energi.

Manfaat Mengurangi Asupan Gula Untuk Kesehatan

Tetapi, jika mengkonsumsi terlalu banyak gula  dapat menjadi penyebab utama timbulnya segala jenis gangguan kesehatan tubuh. Maka untuk itu, sangat diperlukan sekali untuk anda mengendalikan asupan gula yang dikonsumsi setiap hari.

Ada sejumlah resiko yang dihadapi jika terlalu banyak mengkonsumsi gula untuk kesehatan tubuh Anda, antara lain:

Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menambah resiko terserang penyakit diabetes. Hal ini bisa timbul saat mengkonsumsi gula berlebihan melewati segala macam makanan pelengkap asupan kalori, sehingga menjadikan makanan tersebut susah untuk dihancurkan. Kondisi tersebut akhirnya bisa mempengaruhi kinerja insulin tubuh dan menimbulkan diabetes.

Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat (LDL)

Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menurunkan kadar kolesterol bik (HDL), dan di satu sisi lain pun bisa menambaha kadar trigliserida di dalam darah. Kondisi ini pada akhirnya bisa menambah resiko timbulnya penyakit jantung. maka untuk itu, mengurangi dalam mengkonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi bisa mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung.

Tubuh Cepat Merasa Kelelahan

Gula sebenarnya bisa menawarkan energi dengan pesat. Namun, beberapa menit kemudian anda mengkonsumsinya kembali, anda dapat mengalami rasa kantuk dan lelah. Kondisi ini disebabkan tubuh membutuhkan waktu lebih panjang lagi untuk menghancurkan gula. Mengontrol atau mengurangi asupan gula bisa menghindari tubuh dari rasa kantuk dan lelah.

Menurunnya Kemampuan Penglihatan

Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menambah kadar gula di dalam tubuh. Kadar gula yang meningkat dikenal bisa menimbulkan rabunnya penglihatan di mata anda dengan seketika. Kadar gula yang meningkat bagi pengidap diabetes pun menimbulkan lensa mata membesar sehingga dapat menjadikan pandangan rabun. Selain melindungi dan mengurangi asupan gula, anda pun disarankan untuk mengecek kadar gula darah dan berusaha supaya tetap seimbang.

Kepadatan Tulang Menurun

Sudah pernah dijelaskan kalau mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menambah resiko timbulnya diabetes. Dan komplikasi yang terjadi dari diabetes tipe satu  yaitu berkurangnya kepadatan tulang. Kondisi ini biasanya bisa meningkatkan resiko timbulnya osteoporosis. Meskipun tidak langsung kaitannya pada kesehatan tulang, tetapi mengkonsumsi gula dengan berlebihan bisa menambah resiko penyakit diabetes tipe satu, dan penyakit ini memiliki segalam cama komplikasi, termasuk osteoporosis.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan mengapa mengurangi asupan gula, setelah mengetahui penyebab terlalu banyak mengkonsumsi gula maka dari sekarang sebaiknya anda menguranginya agar tidak terjadi hal hal yang buruk terhadap kesehatan anda.

Leave a Reply