Makanan sehat untuk kanker hati

Cegah kanker hati
Cegah kanker hati

Setiap penyakit tentu ada pantangan makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi apalagi penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian seperti kanker hati sehingga dapat memperparah kondisi pengidap penyakit tersebut. Tetapi alangkah baiknya jika anda juga tahu makanan yang sehat bagi penderita penyakit kanker hati, karena sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh dalam melawan kanker antara lain seperti anti oksidan untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, omega3 atau lemak tak jenuh, vitamin C untuk pembentuk kekebalan tubuh, itu semua bisa kita dapatkan dari bahan makanan yang ada di sekitar kita.

Berikut adalah makanan sehat yang sangat baik untuk anda di konsumsi antara lain:

  1. Wortel, umbi umbian satu ini kaya akan beta-karotin, antioksidan yang sangat kuat menjaga kesehatan perut, prostat, dan membunuh sel kanker.
  1. Brokoli, kandungan enzim glucoraphanin yang dikandungnya melindungi tubuh dari tumbuhnya sel kanker.
  1. Tomat, sumber antioksidan-lycopene, yang memproteksi tubuh dari berbagai sel kanker, tomat juga mengandung banyak vitamin C yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  1. Bawang Putih, sudah dipercaya sejak dulu karena kandungan zat anti oksidan yang sangat aktif menjadikan bawang putih sebagai pembentuk pertahanan dalam tubuh dalam mencegah sel kanker, tapi tidak baik dikonsumsi berlebihan karena bawang menghasilkan gas dalam tubuh yang dapat meningkatkan kadar CO2 di dalam darah.
  1. Biji rami, mengandung zat anti oksidan yang kuat disebut “lignan”, berfungsi untuk memperkuat dinding sel dalam tubuh kita sehingga lebih terproteksi dan aman dari sel-sel yang mengandung kanker, serta juga mengandung omega-3 yang dipercaya mencegah kanker organ pencernaan.
  1. Blueberry, dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung antioksidan tertinggi, kandungan oksigen yang tinggi di dalam blueberry juga membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membantu menyegarkan tubuh.
  1. Jamur, mengandung senyawa yang dapat mengatur fungsi kekebalan tubuh manusia yaitu menormalkan kembali fungsi sel T yang produktif. Sel T dapat berfungsi menghambat sel kanker, dan juga dapat mencegah penyebaran sel kanker. Di samping dapat mencegah dan anti-kanker, tetapi juga kaya akan mineral dan vitamin, dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan ketahanan tubuh pasien, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  1. Susu Kedelai, menurut ahli susu kedelai kaya akan protein nabati, vitamin B kompleks, elemen mikro, dan niasin yang mudah untuk dicerna dan diserap. Apabila dikonsumsi oleh pengidap kanker hati dengan jumlah yang tepat dapat memberikan nutrisi tambahan dan  meningkatkan daya tahan tubuh bagi si pengidap kanker hati.

Baca juga artikel obat herbal kanker hati yang dapat mencegah dan mengobati kanker hati.

Ada 10 makanan yang dapat kita temui dengan mudah baik di pasar tradisional maupun di pasar modern seperti supermarket, sehingga kita bisa memasukkan ke dalam menu makanan kita sehari-hari, ini tidak berlaku hanya yang mengidap kanker hati tetapi bagi orang yang sehat pun tentu akan memberikan dampak positif agar tubuh lebih kuat dalam melawan radikal bebas dan sel kanker. Semoga artikel dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita seputar penyakit kanker hati.

sumber : www.mayoclinic.org

Leave a Reply