6 Khasiat dari Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Minyak ZaitunMinyak zaitun telah banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai bahan tambahan dalam alat kosmetik seperti pelembab atau shampo. Namun tahukah Anda ternyta minyak zaitun ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda apabila dikonsumsi? Berikut akan kami sampaikan tentang manfaat dari mengkonsumsi minyak zaitun yang digunakan dalam campuran makanan anda.

Manfaat dari Minyak Zaitun

  1. Membuat Tampak Awet Muda dan Terhindar Dari Penuaan Dini

Di dalam minyak zaitun terkandung zat linoleic acid yang dibutuhkan oleh kulit manusia supaya tidak cepat kering atau keriput. Zat ini akan menjaga kelembaban kulit Anda dan meremajakan sel sel kulit yang mati sehingga Anda akan tampak lebih awet muda apabila mengkonsumsi minyak zaitun karena kandungan anti oksidan yang dimilikinya.

  1. Minyak Zaitun adalah Sumber Lemak Tak Jenuh atau Kolesterol Baik

Salah satu sumber lemak tak jenuh ialah minya zaitun sehingga disebut kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia (LDL) dan trigliserida. Dalam hasil beberapa penelitian ada indikasi bahwa di dalam minyak zaitun terdapat kolesterol lain yang dapat menurunkan LDL di dalam tubuh manusia yang disebut dengan apolipoprotein B.

  1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah dan Detak Jantung

Tidak dapat dipungkiri bahwa minyak zaitun dapat mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil baik yang memiliki riwayat tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi. Dengan memasukkan minyak zaitun ke dalam menu makanan sehari hari selama lebih dari 6 bulan dapat menghilangkan keluhan tersebut. Selain itu kandungan anti oksidan hidroksitirosol di dalam zaitun sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung terutama dalam mengatur ritme detak jantung yang stabil.

  1. Mencegah Munculnya Sel Kanker Dalam Tubuh

Anti oksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas dan zat karsinogen penyebab sel kanker. Minyak zaitun akan memberikan pengaruh bagi orang yang mengkonsumsinya dengan menurunkan terjadinya resiko terkena kanker kolorektal dan kanker payudara.

  1. Minyak Zaitun Bersifat Anti Inflamasi

Senyawa yang terkandung di dalam minyak zaitun terdiri dari anti oksidan varian polifenol yang dapat memberikan efek perlindungan kepada sel sel dalam tubuh dari kerusakan. Sifat dari polifenol ini adalah anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit yang terjadi di dalam tubuh.

Dengan begitu kesehatan organ pencernaan akan selalu terlindungi dan dapat bekerja secara normal. Selain itu senyawa dari minyak zaitun ini dipercaya dapat meningkatkan aktivitas otak yaitu fungsi otak kognitif dan memori otak.

  1. Menghindari Penyakit Stroke dan Gangguan Sistem Syaraf

Berdasarkan hasil penelitian  baru baru ini menyatakan bahwa banyak orang yang telah mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah terkena serangan penyakit kardiovaskular dan stroke di masa mendatang, dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Memang penelitian ini masih dalam tahapan observasi, tetapi penelitian secara langsung kepada objek yang mengkonsumsi minyak zaitun dengan yang tidak mengkonsumsi telah dilakukan.

Baca juga artikel tentang Beberapa tips Mengatasi sinusitis dengan Tepat

Itulah 6 macam manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan tubuh manusia yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang orang. Karena selama ini zaitun hanya banyak digunakan sebagai campuran bahan produk kosmetik dan kecantikan.

Sumber : www.webmd.com

Leave a Reply