7 Makanan Sehat Yang Sangat Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Makanan untuk diabetes
Makanan untuk diabetes

Sebagaimana yang telah diketahui, hampir dari semua aneka jenis makanan yang selama ini kita asup tidaklah luput dari asupan gula didalamnya, baik itu gula yang berasal dari makanan itu sendiri seperti dari karbohidrat maupun dari gula yang dipakai untuk menambahkan rasa pada makanan tersebut. Oleh karna itu, kita mesti cerdas dalam memilih jenis makanan untuk diabetes yang baik dan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes melitus, supaya tidak memicu terjadinya kenaikan kadar gula darah. Akan tetapi justru malah menjaga / bahkan bisa menurunkan kadar gula darah yang mengalamai peningkatan sehingga tidak terjadi komplikasi dari penyakit diabetes tersebut dimasa mendatang.

Dan pengidap penyakit diabetes harus belajar menghitung jumlah porsi makanan yang seimbang yaitu yang meliputi karbohidrat, protein, & lemak. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah dan juga harus sebisa mungkin untuk menghindari jenis minuman manis. Karena, dengan begitu diharapkan pengidap diabetes mempunyai cukup energi, tidak merasa lapar & lemas, tidak tambah kurus dan juga bisa terhindar dari hipoglikemia akibat mengkonsusmi obat diabetes.

Jadi, yang harus diperhatikan semua mesti seimbang antara konsumsi obat, asupan makanan dan aktifitas fisik. Dan jangan sampai dari salah satu komponen itu ada yang berlebihan atau malah kurang sehingga berakibat tidak baik bagi tubuh Anda. Dan dibawah ini akan diinfokan mengenai jenis makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus, namun kami menganjurkan Anda untuk tetap berkonsultasi kepada dokter. Baiklah mari kita simak beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

1. Gandum, merupakan jenis makanan yang diperkaya akan serat. Hal tersebutlah yang membuat gandum ini digolongkan kedalam makanan sehat untuk pengidap diabetes. Selain diperkaya akan serat, gandum ini juga mengandung protein nabati & karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Secara umum karbohidrat memanglah bisa memicu kenaikkan kadar gula darah. tetapi, itu hanya terjadi apabila yang dikonsumsi ialah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum justru tidak akan mengakibatkan terjadinya lonjakan kadar gula darah. Dan dengan mengkonsumsi rutin bisa menghalangi pelepasan gula kedalam aliraan darah sehingga kadar gula darah pun bisa terjaga kestabilannya. Apabila sebuah makanan yang mengandung gandum didalamnya, bukan berarti baik pula untuk pengidap penyakit diabetes. Anda juga perlu memperhatikan komposisi lainnya. Apabila mengandung gula & campuran tepung lainnya, sudah jelas makanan itu wajib dihindari oleh pengidap penyakit diabetes.

2. Beras merah, ini bukan hanya memiliki kandungan karbohidrat kompleks akan tetapi juga mengandung serat. Sehingga dengan mengkonsumsi beras merah ini sangat baik sekali untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain dari pada itu, kandungan protein dan vitamin B yang terkandung dalam beras merah juga sangat tinggi, sehingga mampu mencukupi kebutuhan protein nabati dan vitamin tubuh. Dan bahkan telah ditemukan oleh “Harvard School of Public Healt” bahwa dengan mengkonsumsi 2 porsi mingguan beras merah bisa membuat seseorang memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit diabetes.

3. Oatmeal, merupakan jenis makanan yang juga diperkaya akan serat, karbohidrat dan protein seperti gandum, karbohidrat yang terkandung dalam oatmeal ini juga tidak akan memicu terjadinya kenaikan terhadap kadar gula darah. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa mengkonsumsi oatmeal juga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes, selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Dan terlebih terdapat fakta bahwa pengidap diabetes beresiko tinggi untuk terserang penyakit jantung. Dan dari sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengkonsumsi oatmeal selama 2 hari dapat mengurangi tingkat kadar gula darah yang nantinya juga bisa menurunkan ketergantungan terhadap insulin. Efeknya hampir sama dengan berada didalam rumah sakit selama 4 minggu bagi pengidap penyakit diabetes.

4. Brokoli, adalah jenis sayuran yang sangat baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes. Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa brokoli ini diperkaya akan kromium. Kromium ini nantinya akan bermanfaat sekali dalam hal mengatur insulin & gula darah. Dengan mengkonsumsi brokoli diharapkan bisa meningkatan fungsi insulin sehingga nantinya kadar gula darah pengidap penyakit diabetes bisa kembali mendekati normal. Dan harus dipertimbangkan pula untuk mengkonsumsi brokoli mentah atau ½ matang, hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

5. Bayam, ini tergolong kedalam jenis sayuran hijau yang diperkaya akan lutein. Selain mengandung lutein, bayam ini juga mengandung akan serat yang bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula darah pengidap diabetes, selain itu bayam juga diperkaya akan klorofil yang berperan sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan, alangkah baiknya jika penderita diabetes memilih bayam organik yang bebas pestisida.

6. Pare, adalah jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes. Rasa khas yang dimiliki pare ini ialah rasa pahitnya. Akan tetapi, dari sebagian orang justru menyukai rasa pahit tersebut. Hal ini dikarenakan selain pahit pare juga mempunyai rasa yang gurih. Dibalik rasanya yang pahit didalam pare ini tersembunyi berbagai khasiat, sebab pare memiliki kandungan albuminoid & bersifat hipoglikemik dalam menurunkan kadar gula dalam darah. tetapi, yang perlu diperhatikan bahwa disaat Anda memakan buah pare ini ada baiknya jika tidak dilakukan bersama dengan mengkonsumsi obat penurun gula darah, sebab dikhawatirkan bisa mengakibatkan hipoglikemia.

7. Wortel, merupakan jenis sayuran yang diperkaya kandungan lutein. Lutein berfungsi serupa dengan karotenoid yang bisa membantu menurunkan resiko mengalami kerusakan mata. Dikarenakan pada umumnya pengidap penyakit diabetes mengalami gangguan pada penglihatannya, terlebih khsususnya bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes menahun. Gangguan pada penglihatan ini dikarenakan kadar gula darah yang tinggi sehingga aliran darah menjadi terhambat dan mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan, khususnya yang menuju ke retina. Apabila kadar gula darah dibiarkan terus meninggi, maka mengakibatkan gangguan penglihatan yang semakin parah dan bahkan bisa berdampak pada kebutaan permanen. Itulah sebabnya pengidap penyakit diabetes dianjurkan untuk memakan wortel. Karena, mengkonsumsi wortel sangat penting untuk dapat meningkatkan kembali fungsi mata yang berkurang yang disebabkan kadar gula darah yang tinggi. Selain dari pada itu, kandungan serat yang terdapat dalam wortel ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga kestabilan kadar gula darah.

Baca juga : http://smmib13.net/2016/03/24/obat-kencing-manis-alami/

Demikian itulah beberapa jenis makanan pokok yang terdiri dari karbohidrat dan sayuran yang dapat dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes untuk memantau tingkat gula darah mereka. Dan bagi Anda yang bukan pengidap penyakit diabetes, jenis makanan diatas dapat pula dikonsumsi oleh Anda guna untuk mengurangi resiko dan mencegah terserang penyakit diabetes. Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa berguna dan menambah pengetahuan bagi Anda semua yang membacanya.

sumber : www.diabetes.org/

Leave a Reply